Sabtu, 19 Januari 2013

Masakan Unik: RESEP MASAKAN GUDEG


RESEP MASAKAN GUDEG

Bahan:

  1. 500 gram nangka muda merah
  2. 50 gram daun singkong
  3. 8 lembar daun jati
  4. 5 buah cakar ayah
  5. 500 ml santan dari ¼ butir kelapa
  6. 3 lembar daun salam
  7. 2 cm lengkuas

Bumbu halus:

  1. 10 butir besar (+ 60 gram) bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. ½ sendok makan ketumbar
  4. 1 sendok teh garam
  5. 100 gram gula merah sisir

Areh:

  1. 750 ml santan kental
  2. 1 sendok teh garam

Cara Membuat Resep Masakan Gudeg:


  1. Olesi pisau dengan minyak goreng. Kupas nangka dan bersihkan getahnya, lalu cacah kasar. Rebus daun singkong hingga setengah matang, tiriskan, peras airnya.
  2. Tutup rata dasar panci dengan 6 lembar daun jati. Masukkan nangka muda dan cakar ayam ke dalam panci. Tuang santan cair, masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas dan daun singkong.
  3. Tutup bagian atasnya dengan 2 lembar daun jati, lalu tutup panci. Masak dengan api sedang sampai mendidih, lalu kecilkan api. Masak + 6 jam atau sampai nangka berwarna kecokelat-cokelatan sambil sesekali di aduk. (jika suka, masak terus hingga gudeg kering sesuai selera).
  4. Areh: campur garam dengan santan kental. Masak dengan api kecil + 30 menit hingga areh berminyak dan mengental. Yuang ke atas gudeg yang sudah matang.
  5. Sajikan dengan sambal krecek, opor campur dan sambal terasi goreng.

Untuk 8 Orang

Tips:

  1. Warna merah gudeg diperoleh dari pemilihan nangka yang tepat serta cara memasak yang lama dengan api kecil. Atau, gunakan daun jati. Jika sulit diperoleh, manfaatkan air rebusan kacang merah kering. Untuk 500 gram nangka muda, rebus 200 gram kacang merah kering dengan 500 ml air. Masak hingga air tinggal + 300 ml. Masukkan air rebusan ke dalam panci nangka.
  2. Untuk memudahkan Anda membuat areh, tempatkan campuran santan dan garam ke dalam mangkuk tahan panas. Pada saat memasak nasi, masukkan mangkuk di samping atau di atas beras aron kukus bersama-sama hingga areh kental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar